Mukjizat Air Zam Zam


Mukjizat air Zamzam sudah tersebar ke seluruh dunia. Setiap jamaah haji yang pulang ke kampung halaman, pasti membawa air zam-zam yang sudah disediakan Pemerintah Arab Saudi.

Jika air Zamzam itu tidak istimewa, lantas mengapa air mineral itu penat-penat dibawa dari Tanah Suci? Pasti terkandung mukjizat dan manfaat luar biasa di dalamnya.


Negara Barat pun telah melakukan uji laboratorium dan menemukan bahwa air Zamzam kaya akan zat-zat yang diperlukan dalam tubuh manusia serta layak untuk dikonsumsi walaupun tanpa dimasak terlebih dahulu.

Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa kadar magnisium dan kalsium air Zamzam sangat besar. Inilah yang menyebabkan air itu terasa segar dan menghilangkan rasa letih


Oleh karena itu, bagi jamaah haji yang selesai melaksanakan tawaf disunnahkan minum air Zamzam. Satu mukjizat lagi, telaga Zamzam ini tidak pernah mengalami kekeringan sejak ditemukan oleh Nabi Ismail AS hingga kini, walapun airnya telah diambil berjuta-juta kali untuk keperluan jamaah haji.


Manfaat Air Zam-Zam ini antara lain:


• Mengeyangkan, karena sehabis minum Zamzam ini kita akan merasa kenyang.
• Menyegarkan, karena dengan minum Zamzam ini dapat menghilangkan dahaga dan menimbulkan kesegaran.
• Menguatkan hati dan menenangkan dari rasa takut.
• Menyehatkan, karena dengan minum air Zamzam ini dapat menolak penyakit.
• Air Zamzam mengandung keberkahan.
• Dengan minum air Zamzam kita akan memperoleh kebaikan dan berkah.
• Orang yang minum air Zamzam akan merasa cukup dan puas.


Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda, “Air Zamzam bagi yang diniatkan ketika meminumnya, jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu maka Allah akan menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud agar engkau merasa kenyang, maka Allah Akan mengenyangkanmu. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail.”(HR. Daruqutni, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).